PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Dalam
Kurikulum Merdeka ini banyak keleluasaan yang didapat sekolah. Selain materinya
sedikit ada penyerdehanaan, dalam kurikulum merdeka ini memberikan ruang yang
lebih untuk pembentukan karakter siswa. Untuk beban belajar yang sama,
masing-masing mata pelajaran turut berkontribusi dalam penguatan karakter.
Terakomodir sebagai kegiatan kokurikuler. Kita ambil jam-jam tersebut kita
jadikan satu blok waktu untuk sebuah kegiatan yang kita namakan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sehingga dalam prakteknya, teman-teman
kelas 1,2,4 dan 5 ini relatif tidak monoton . Karena melaksanakan periodik
waktu (blok) untuk beraktifitas tidak monoton di kelas. Bahkan bisa keluar dari
sekolah/kunjungan sesuai dengan desain yang disiapkan. Kalau dulu kita akomodir
dengan kegiatan outdoor learning. Contohnya,
kegiatan siang hari yaitu pentas P5 ini
ini termasuk sah sebagai kegiatan belajar mengajar.
Adapun Tema projek
P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) :
-
Kelas
I : Kearifan Lokal : “Aku Cinta Batik”
-
Kelas
II : Kearifan Lokal : “ Jajanan Tradisional”
-
Kelas
IV : Hidup Berkelanjutan : “ Lampu Lentera & Bingkai Bunga”
-
Kelas
V : Bhinneka Tunggal Ika : “Indahnya Budaya Nusantara”
Projek ini
memberi penguatan pada dimensi Beriman, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong,
Kreatif. Ada indikator ketercapaian
dari elemen yang dikembangkan di sana: Akhlak kepada agama, diri, manusia dan alam,
Berkebhinekaan Global (interaksi Budaya), Gotong Royong (kolaborasi,
peduli),Kreatif (gagasan orisinal).
Tentang
Profil Pelajar Pancasila itu sendiri ada 6 dimensi, yakni: Beriman dan Bertakwa
kepada TYME dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Kreatif dan Bernalar
Kritis.
Dimensi-dimensi
ini akan ditumbuhkembangkan dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun
ekstrakurikuler yang sejalan dengan visi sekolah.
Posting Komentar